3 Peristiwa bersejarah di bula suci Ramadhan, Simak!

Posted by on April 28, 2021


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan bagi semua umat Islam di seluruh dunia, sejak kecil umat Islam telah diajarkan bagaimana doa buka puasa, bacaan niat sahur, hal yang dilarang saat berpuasa dan masih banyak lagi. Tetapi tahukah kalian bahwa bulan Ramadhan juga memiliki berbagai momen bersejarah? Tentu saja, ketika jaman Rasulullah ada banyak kejadian besar di bulan Ramadhan, sudah sepatutnya kita sebagai umatnya mencari tahu apa saja hal bersejarah tersebut. Tenang saja, kalian tak perlu repot-repot mencari karena kami akan merangkumnya menjadi sebuah informasi yang singat. Berikut 3 peristiwa bersejarah di bulan suci Ramadhan.

1.Nuzulul Qur’an

Di bulan suci Ramadhan telah terjadi 3 peristiwa besar, antara lain diturunkannya Al-Qur’an, terjadinya Perang Badar, dan Penaklukan kota Mukkah. Ketika usia baginda Nabi Muhammad SAW telah mencapai 40 tahun yaitu bertepatan pada 17 Ramadhan 13 tahun sebelum Hijriyah, Baginda Nabi Muhammad SAW menerima wahyu untuk pertama kali di Gua Hira. Syekh Mahmud Basya yang merupakan pakar astronomi mengungkapkan bahwa, saat itu berpapasan dengan awal Februari di tahun 610 Masehi.

Dimana saat itu mendekati masa-masa turunnya wahyu untuk pertama kalinya, Nabi Muhammad SAW sering sekali berkhalawat di Gua Hira, tujuannya untuk menjauh dari keramaian agar ia dapat beribadah dengan khusyu’ di Gua Hira untuk beberapa hari atau bahkan beberapa bulan kedepan. Di sela-sela beribadah di Gua Hira, Baginda Nabi Muhammad SAW terkaget karena didatangi oleh Malaikat Jibril dan berkata, “Bergembiralah wahai Muhammad, aku Jibril. Dan engkau adlah utusan Allah untuk umat ini,” ujar Jibril.

Pada saat itu juga turun wahyu pertama yaitu surat AlAlaq ayat 1-5 yang diturunkan langsung oleh Allah SWT melalui lisan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Peritiwa tersebut yang hingga sampai ‘saat ini diperingati sebagai hari Nuzulul Qur’an.

2.Perang Badar

Peristiwa besar selanjutnya adalah Perang Badar. Kita semua tahu bahwa perang ini merupakan perang yang sangat bersejarah bagi peradaban Islam. Perang yang biasa disebut dengan Ghazawah Badr al-Kubra merupakan perang yang menjadi pembeda, mengapa? Karena perang ini menandai awal kejayaan umat Islam. Saat Perang Badar, Nabi Muhammad SAW membawa 313 pasukan Muslimin yang dikerahkan untuk menghadapi 950 pasukan musuh.

Tentu saja perbedaan jumlah tersebut terlalu besar, namun hal itu tidak melunturkan semangat pasukan kaum Muslimin. Dengan segenap tekad yang kuat untuk membela Islam bersama Nabi Muhammad SAW, Pasukan Muslimin berhasil mengalahkan pasukan lawan. Tercatat bahwa 14 orang kaum Muslimin gugur sebagai syahid, sedang pasukan lawan yang terbunuh dan tertawan adlah 70 orang.

3.20 Ramadhan Tahun 8 Hijriyah

Pada 20 Ramadhan tahun 8 Hijriyah merupakan suatu peristiwa besar bagi umat Islam, mengapa? Karena pada saat itu  Rasulullah dan pra sahabat telah berhasil menaklukan kota Makkah yang dimenangkan dalam sebuah pertempuran, nah pertempuran tersebut dikenal sebagai perang Fathu Makkah (Penallukan Makkah). Perang tersebut diawali oleh perlakuak suku Quraisy yang telah mengingkari perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah.

Yang hebatnya adalah ketika, Nabi Muhammad melakukan perang tersebut dengan pasukannya. Karena Nabi dan para pasukannya berperang dalam keadaan berpasa, dan hal itu tidak melunturkan semangatnya. Alhasil Rasulullah dan para pasukan menang dalam pertempuran, tetapi perlu diingat bahwa Rasulullah tidak menghabisi para musuh, Rasulullah malah memaafkan mereka dan membebaskannya.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan terimakasih telah menyimak sampai habis.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *