Pengertian Sistem Operasi dan Beberapa Jenisnya

Posted by on September 7, 2019


Pengertian Sistem Operasi

Apa itu sistem operasi? Sistem operasi merupakan sekumpulan dari beberapa perintah atau instruksi dari program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer. Pembuatan sistem operasi harus mempertimbangkan cara kerja dari perangkat keras dan lunak yang beredar saat ini. Saat komputer kita hidupkan, BIOS (Basic Input Output System) komputer akan memeriksa semua perangkat keras yang terpasang di dalam motherboard CPU. Program BIOS adalah program kontroler standar yang terpasang dalam motherboard. Program ini disimpan dalam chip IC yang disebut ROM (Read Only Memory) dan selalu bekerja mengontrol hardware yang terpasagn pada motherboard.Sistem operasi komputer yang sering digunakan di Indonesia adalah PC-DOS dan MS DOS. PC DOS dibuat oleh perusahaan Microsoft Corporation. Sistem ini disebut dengan Disk Operating System (DOS). DOS merupakan kumpulan dari beberapa perintah dalam komputer yang berperan untuk mendukung dan menyatukan kerja perangkat keras dengan perangkat lunak dalam satu sistem sehingga semua perangkat yang ada di dalam komputer dapat bekerja secara teratur.
Sistem operasi terdiri atas perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan sistem komputer. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur proses input dan output atau sering disebut proses I/O. Fungsi utama dari sistem operasi adalah untuk memanajemen proses program yang sedang dijalankan, manajemen sumber daya (komponen perangkat keras) dengan perangkat lunak yang sedang dijalankan, manajemen data masukan, dan manajemen data keluaran. Di samping itu, sistem operasi menjamin komunikasi antara program aplikasi dan perangkat keras dalam keadaan aman dan konsisten.

Beberapa Contoh Jenis Operating Sistem (Os)

Pada awalnya, sistem operasi komputer selalu dioperasikan di bawah perintah DOS. Dalam perkembangannya, teknologi program aplikasi komputer membutuhkan perintah dan kerja komputer yang sangat cepat dan akurat. Kemudian, para pakar teknologi informasi dan komunikasi mulai mendesain kerja komputer dengan membuat perangkat lunak operasional komputer Under Windows (berbasis Windows). Kelebihan sistem operasi Under Windows dibandingkan dengan DOS adalah kemampuannya untuk melakukan beberapa program sekaligus secara bersamaan.

  • Sistem Operasi Windows
    Sistem Operasi Windows diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985 oleh perusahaan Microsoft Corporation di Amerika Serikat. Perusahaan itu didirikan oleh William Hendry Gates atau yang akrab dipanggil Bill Gates. Saat itu, Microsoft tumbuh menjadi pabrik pembuat perangkat lunak dan sistem operasi yang paling terkenal dan laku di dunia. Sistem operasi Windows yang pertama dibuat adalah Windows 3.0. Windows 3.0 merupakan kelanjutan dari Windows 1.0 dan Windows 2.0 yang telah dimunculkan. Selanjutnya, berkembang menjadi Windows 3.11. Selanjutnya, Windows 95, Windows 98, Windows NT, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003, Windows 2005, dan terakhir Windows Vista.
  • Sistem Operasi LINUX
    Selain Windows ada juga sistem operasi lain yang tak kalah terkenalnya di pasaran dunia, yaitu sistem operasi LINUX. Sistem operasi LINUX merupakan pengembangan dari sistem operasi sebelumnya, yaitu UNIX. Jika Windows harus membeli karena pemegang hak cipta dimiliki oleh Microsoft Coorporation, tetapi LINUX bersifat Open Source, artinya semua orang bisa menggunakan dan menambah dengan bebas tanpa bayar. Walaupun LINUX bersifat Open Source, tetapi untuk menginstalnya ke dalam komputer harus memiliki komputer dengan spesifikasi teknologi IC yang tinggi. LINUX dapat diinstal minimal pada komputer Pentium 4 dengan memori yang tinggi. Jika komputer tidak memiliki spesifikasi tersebut, sistem operasi LINUX akan lambat bahkan tidak dapat dioperasikan. Karena LINUX harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang bagus, banyak pengguna komputer di Indonesia lebih memilih menggunakan sistem operasi windows.




Leave a Reply